SISTEM HORMON pada MANUSIA ...??

SISTEM HORMON MANUSIA

Hormon berasal dari kata Hormaein yang artinya memacu atau menggiatkan atau merangsang. Dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tidak terlalu banyak (sedikit), tetapi jika kekurangan atau berlebihan akan mengakibatkan hal yang tidak baik (kelainan seperti penyakit) sehingga dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan serta proses metabolisme tubuh.
Hormon merupakan senyawa kimia, berupa protein yang mempunyai fungsi untuk memacu atau menggiatkan proses metabolisme tubuh. Dengan adanya hormon dalam tubuh maka organ akan berfungsi menjadi lebih baik.
Hormonologi : yaitu ilmu yang  mempelajari mengenai seluk beluk hormon.
Pada makhluk hidup, khususnya manusia hormon dihasilkan oleh kelenjar yang tersebar dalam tubuh.    Cara kerja hormon di dalam tubuh tidak dapat diketahui secara cepat perubahannya, akan tetapi memerlukan waktu yang lama. Tidak seperti sistem saraf yang cara kerjanya dengan cepat dapat dilihat perubahannya. Hal ini karena hormon yang dihasilkan akan langsung diedarkan oleh darah melalui pembuluh darah, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
Kelenjar dalam tubuh manusia dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :
  1. Kelenjar eksokrin yaitu kelenjar yang mempunyai saluran khusus dalam penyaluran hasil sekretnya/getahnya. Ex : kelenjar-kelenjar pencernaan.
  2. Kelenjar endokrin yaitu kelenjar yang tidak mempunyai saluran khusus dalam penyaluran hasil sekretnya/getahnya. Ex : kelenjar hipofisis, thyroid, thymus dll.

Hormon berfungsi :
a.      Memacu pertumbuhan dan metabolisme tubuh.
b.      Memacu reproduksi.
c.      Mengatur keseimbangan cairan tubuh/homeostasis.
d.      Mengatur tingkah laku.


Macam kelenjar 
Berdasarkan aktivitasnya :
    1. Kelenjar yang bekerja sepanjang masa.
    Kelenjar golongan ini akan bekerja terus menerus sepanjang kehidupan manusia dan akan terhenti jika sudah tidak ada kehidupan pada manusia tersebut. Sehingga tidak terbatas pada usia.
    Ex : Hormon metabolisme.

    2. Kelenjar yang bekerjanya mulai masa tertentu.
          Hormon golongan ini tidak akan dapat berfungsi jika belum mencapai proses perkembangan dalam diri manusia atau proses pendewasaan sel yang terjadi dalam tubuh manusia. Kedewasaan sel akan terjadi pada saat usia tertentu seperti pada saat usia pubertas.        
    Ex : Hormon kelamin.

    3. Kelenjar yang bekerja sampai pada masa tertentu.
          Hormon golongan ini bekerja pada saatn manusia itu dilahirkan sampai pada usia tertentu. Pada usia tersebut terjadi proses pertumbuhan dari seluruh oragn-organ tubuh  manusia sampai dengan penyempurnaan organ. Sehingga masing-masing organ tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kecuali organ yang membutuhkan persyaratan kedewasaan sel.
    Hormon ini akan berhenti dihasilkan pada saat tubuh mulai memperlambat atau menghentikan proses pertumbuhan. Biasanya hormon ini bekerja pada kisaran usia 0 hari sampai 17 tahun (masa pertumbuhan).
    Ex : Hormon pertumbuhan, kelenjar tymus.

    B. Berdasarkan letaknya :
    1.  Kelenjar hipophysis/pituitary di dasar cerebrum, dibawah hypothalamus.
    2. Kelenjar pineal/epiphysis di cerebrum.
    3. Kelenjar thyroid di daerah leher.
    4. Kelenjar parathyroid di dekat kelenjar thyroid.
    5. Kelenjar thymus di rongga dada.
    6. Kelenjar adrenal/suprarenalis di atas ren.
    7. Kelenjar pulau langerhans/pankreas di rongga perut.
    8. Kelenjar Usus dan lambung di rongga perut.
    9. Kelenjar kelamin(Gonad) :
                a. Ovarium di rongga perut.
                b. Testis di rongga perut bawah.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Klinik Onkologi Anugrah Medika Kendari

    Seni muSic

    Cara Cepat Membedakan Brush Real Technique --- Fake vs ReaL ---