Hair care routine-- bye..bye.. ketombe

Hai girls..
kali ini aku mau review mengenai perawatan rambutku saat kondisi rambut aku yang super gatal dan ketombe..
Gak terlalu parah sih ketombenya ( gak sampai jatuh di baju) tapi namanya gatal itu sangat mengganggu... eitss apalagi cowo-cowo kitee diganggu sama cewe gatalπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Rambutku tipe yang jarang sekali ketombe,, tapi kalo sudah muncul kata ketombe .. bikin emosii karena sangat mengganggu.. Tidak mungkin kan kita cewe-cewe udah cantik ehh malah garuk sana garuk sini rambut.. Kan dikira berkutu nanti..

Akhir-akhir ini rambutku lagi mengalami namanya dermatitis seboroik, itulah yang menyebabkan ketombe (nama latinnya pthyriasis sicca) . Selain itu, wajahku juga mengalami dermatits seboroik (tapi di blog aku ini aku tidak membahas cara atasi dermatitis seboroik pada wajah karena pengobatannya agak berbeda..)

Oya, sedikit sharing super singkat tentang Dermatitis seboroik..
Dermatitis seboroik itu adalah kelainan kulit papuloskuamosa yang predileksi (alias lokasi yang saat terkena) di daerah kaya kelenjar sebasea atau kelenjar minyak, skalp (kulit kepala), wajah dan badan. Bentuk lesi pling sering dijumpai dinamakan ketombe. Sebenarnya paling sering terjadi pada laki-laki namun perempuan juga bisa. Umumnya terjadi pada usia pubertas dan memuncak usia 40 tahun.
Dermatitis ini dikaitkan dengan malasesia (jenis jamur), gangguan imunologi mengikuti kelembaban lingkungan, perubahan cuaca ataupun trauma. Tanda dan gejalanya itu ditemukan skuama (sisik) bisa berwarna putih abu-abu bahkan ada berwarna kekuningan, kadang disertai gatal dan menyengat. Dan ketombe itu merupakan gejala awal dermatitis seboroik. Apabila berlangsung lama, akan menyebabkan kerontokan rambut. Untuk pengobatannya tidak menyembuhkan secara permanen ya, jadi harus berulang kali kalau ada keluhan saja.

Untuk memastikan kembali, kalian bisa konsultasi sekaligus berobat ke dokter yang terdekat sebelum tambah parah..

Disini juga aku mau share ke kalian yang mengalami kondisi ketombe (apalagi kondisi cuaca sekarang kacau balau) mungkin mau mencoba perawatan rambut ketombe ala diriku ini.. Setiap aku alami ketombe,, selalu aku pakai produk yang aku share ini..

Pertama:
- Shampoo
Disini aku selalu memakai produk Selsun Yellow anti Dandruff. Shampoo ini hanya mengandung Selenium sulfide 1,8%  120 ml (bahan ini salah satu shampoo obat untuk penanganan dermatitis seboroik), yang ampuh mengatasi ketombe pada dermatitis seboroik seperti aku.
Selsun Yellow Selenium sulfide 1,8%

Nilai (+) =
1. ketombe langsung hilang,
2. Rasa gatal hilang
3. Produk ini mudah didapat
4. Tidak berbusa
Nilai (-)
1. Rambut jadi agak kusut (iya lah karena tidak mengandung bahan conditioner yg melembutkan rambut)
2. Baunya agak menyengat (kalau aku sih suka-suka saja baunya)
Cara pakai: sama seperti shampoo lain, hanya shampoo ini harus didiamkan dulu 2-3 menit (kalau aku sih 5 menit, masih ok) baru dibilas. Dan jangan dulu pakai conditioner ya.. Pakai shampoo ini 2 kali seminggu dan pakai 1 bulan . Setelah itu,, baru kita boleh bebas memaakai shampoo kesukaan kita. (Harus pakai rutin ya kalau mau rasakan manfaatnya)
--Untuk pemakaian pada bayi dan anak, mending konsultasi dulu sama dokter ya..!

Kedua
-Hair tonik 
Disini aku memakai produk Neril Anti Dandruff shield with selected plants concentrate. Hair tonik ini hair tonik yang aku selalu pakai kalau lagi ketombe. 
Menurut klaim dari Neril, Tonik rambut ini mengandung konsentrat tumbuhan pilihan Nettle, Chamomile, Birch, Wheat, dan Horse tail yang dipilih secara khusus untuk melindungi dan merawat jaringan pembuluh darah kapiler di kulit kepala. Dengan memberikan kesegaran dan mengembalikan kesehatan di kulit kepala, konsentrat tumbuhan terpilih akan menghilangkan kerusakan di kulit kepala dan menghilangkan ketombe.
Neril Hair tonic anti Dandruff
Menurut aku:
Nilai (+)=
1. Tonik ini menghilangkan gatal akibat ketombe
2. Mampu menghilangkan ketombe
3. Rambutku terasa segar dan bersih
Nilai (-)=
1. Isinya susah dikendalikan karena gampang tumpah banyak saat dipakai (beda kayak kemasan hair tonik dari Natur)
Cara pakai: sama seperti hair tonik yang merk lain.. Dipakai pada kulit kepala setelah keramas, saat rambut basah ,langsung dipijit lembut . Tonik ini juga bisa dipakai saat rambut kering.. (jadi kalau tidak keramas terus tiba-tiba gatal kulit kepala, langsung saja pakaikan hair tonik Neril ini)
Peringatan::
Kalau kulit kepala gatal, jangan digaruk pakai kuku ya, memang enak sih rasa gatal seakan hilang tapi dapat melukai kulit kepala, yang ada sebentar kulit kepala jadi infeksi.

Tips:
- Usahakan rambut harus segera kering ya, kalau lama mungkin dibantu dengan hair dryer atau kasih kena sinar matahari. Kalau rambut terlalu lama lebab, bisa memicu ketombe lho..
- Kalau mau perawatan alami, coba deh pakai potongan jeruk nipis atau lemon .. Pakai saat rambut kering terus diamkan 30 menit lalu bilas dan shampoo.. (jangan sering pakai jeruk nipis atau lemon karena rambut bisa kering, pakai kalau ada keluhan saja)


Mungkin itu saja sharing dan sedikit review untuk mengatasi ketombe..
Terima kasih
Tuhan memberkati

Comments

Popular posts from this blog

Klinik Onkologi Anugrah Medika Kendari

Seni muSic

Cara Cepat Membedakan Brush Real Technique --- Fake vs ReaL ---