Pemberian tablet tambah darah berupa zat besi dan asam folat untuk para Remaja Putri, Wanita muda

Sedikit sharing,, beberapa minggu ini aku bertugas di beberapa puskesmas. Dan di Puskesmas, aku baru sadar, ternyata Pemberian suplement Penambah Darah merupakan salah satu program pemerintah dalam mencegah kejadian ANEMIA pada usia subur (dari mulai remaja putri sampai dewasa).  Suplement penambah darah yang diberikan SECARA GRATIS dari Puskesmas ke Sekolah-sekolah,, suplemen ini mengandung zat besi dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak, Kombinasi kandungan itu berguna untuk mencegah anemia. Sehingga jika tidak ada program seperi ini,, maka akan terjadi gangguan penurunan prestasi belajar anak dan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

Berikut penjelasan singkat mengenai ANEMIA..
Anemia itu adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darah dibawah dari batas normal..
Kenapa sih terjadi Anemia?

Anemia sering terjadi pada remaja putri, wanita muda.
berikut beberapa hal yang paling sering menyebabkan ANEMIA yaitu:
1. Menstruasi atau masa haid. Tentulah,, saat menstruasi, organ uterus (rahim) akan mengeluarkan banyak darah, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan darah. Sebenarnya di dalam tubuh itu masih ada cadangan pembentuk darah, namun untuk mengembalikan keadaan menjadi normal itu masih kurang. Sehingga sangat dibutuhkan dari suplemen dalam bentuk obat penambah darah dan dari makanan.
2. Kekurangan gizi. Kurang gizi yang dimaksud itu adalah dimana jaman yang semakin modern yang serba instans dan serba junk food, kebanyakan seseorang malas mengkonsumsi sayur-sayuran  hijau , ikan dan buah. Padahal sayur, ikan dan buah merupakan makanan sehat yang sangat bergizi, yang banyak mengandung zat-zat yang sangat berguna untuk tubuh, khususnya zat-zat penambah darah.
3. Diet tidak mengkonsumsi daging. Sekedar info, di dalam daging memiliki kandungan zat besi maupun zat lain yang dapat mencegah anemia.  
4. Infeksi (Paling Sering akibat cacing). Jika seseorang memiliki hygienies yang kurang, seperti jarang cuci tangan sebelum makan, setelah BAB; ataupun jarang memakai sandal atau alas kaki saat bersentuhan dengan tanah; tidak mencuci bersih bahan masakan yang akan dimasak,dll, hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi cacing, akibatnya akan mengalami anemia. 

Mungkin ada yang masih bingung dan masih belum sadar, bagaimana ciri-ciri seseorang mengalami anemia??
Ciri-ciri seseorang mengalami anemia secara umum:
1. Seseorang akan merasakan 3 L yaitu Lemah, Letih dan Lesu
2. Seseorang akan lebih pucat dari biasanya
3. Seseorang mungkin akan lebih cepat mengantuk, karena jika terjadi anemia, maka suplai darah ke otak pun juga akan berkurang, akhirnya jadi cepat mengantuk.
4. Seseorang jadi kurang fokus dan kurang konsentrasi saat belajar dan bekerja.
5. Seseorang mungkin ada mengalami rasa pusing.
6. Untuk memastikan, silakan periksalah diri kalian di pelayanan kesehatan terdekat.

Apa akibatnya jika mengalami anemia?
1. Tubuh kan lebih lemas dari biasanya
2. Penurunan prestasi belajar 
3. Kualitas pekerjaan jadi kurang maksimal
4. Khususnya wanita muda yang sudah menikah dan berencana untuk hamil,, jika mengalami anemia, akan berdampak pada Kehamilan. Karena dapat menyebabkan keguguran, perkembangan janin terhambat, dan lain-lain..

Parah kan...!

oleh sebab itu, dibuatlah program Pemerintah ini untuk meningkatkan kualitas anak Indonesia..
Makanya, rutinlah minum obat Suplemen penambah darah 1 kali seminggu., dan bagi yang sedang haid, minumlah 1 kali sehari, tiap hari selama masa haid ((jangan lupa diminum setelah makan malam!!))
Dan jangan lupa konsumsi makanan sehat dan bergizi cukup


Sekian penjelasan singkat, smoga bermanfaat..
Terima kasih
Tuhan memberkati

Untuk Gambar pada blog ini, saya copy dari google..

Comments

Popular posts from this blog

Klinik Onkologi Anugrah Medika Kendari

Seni muSic

Cara Cepat Membedakan Brush Real Technique --- Fake vs ReaL ---