Waspada Demam berdarah pada Anak

Penyakit Demam berdarah (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang sewaktu-waktu dapat mewabah di suatu daerah.. Indonesia termasuk negara yg memiliki iklim tropis yang dapat menyebabkan virus dengue dapat mudah berkembang..
Demam berdarah adalah penyakit demam akut (mendadak) yang disebabkan oleh virus Dengue yang diperantarai oleh nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes albopictus.. Penyakit ini jika tidak deteksi dan ditangani dengan cepat dan tepat maka akan menyebabkan penderita kritis dan bahkan dapat menyebabkan kematian akibat syok..

Cerita singkat mengenai nyamuk Aedes si perantara virus dengue..
Nyamuk yang terinfeksi virus dengue akan menggigit manusia, kemudian virus dengue masuk ke dalam tubuh manusia.. kemudian menyebabkan demam berdarah
Nyamuk aedes akan bertelur di air yang tergenang atau air tenang dan telur tersebut akan menetas menjadi jentik nyamuk setelah kurang lebih 7 hari. Jentik nyamuk tersebut akan menjadi dewasa beberapa hari berikutnya jika tidak basmi secepatnya. Nyamuk dewasa tersebut akan menyebarkan kembali virus dengue yang ada di dalam tubuhnya ke manusia lain pada siang hari.
Nyamuk Aedes Agypti
(Sumber: gambar dicopy dari Google)


Bagaimana ciri-ciri anak mengalami demam berdarah:
1. Anak akan mengalami demam tinggi mendadak biasanya 2-7 hari
2. Anak akan tampak lemas, malas makan dan minum
3. Anak dapat mengeluh nyeri kepala, nyeri perut atau nyeri otot
4. Diare mungkin dapat terjadi
5. Setelah beberapa hari demam, anak akan tampak perdarahan yang sering seperti bintik-bintik merah di kulit, ataupun mimisan ataupun gusi mudah berdarah ( dapat juga muntah darah dan Buang air besar(BAB) disertai darah atau BAB berwarna hitam) --harus segera dibawa berobat ke pelayanan kesehatan berupa puskesmas ataupun Rumah sakit terdekat
--Tanda syok pada anak saat mengalami fase kritis DBD:
1. Anak makin lemas bahkan tidak sadar
2. Kulit terasa dingin dan basah

Note :: jika anak mengalami demam berdarah, periksalah lingkungan rumah anda ataupun lingkungan tetangga apakah mengalami keluhan yang sama.. (karena penyakit demam berdarah dapat mewabah di daerah tersebut)

Apa yang mesti dilakukan jika anak mengalami demam berdarah??
1. Beri obat penurun panas sesuai berat badan dan umur anak..disarankan apabila suhu tubuh anak 38 derjat celcius (dapat dibantu dengan kompres dengan air hangat jika anak sudah minum obat namun suhu tubuh anak masih panas)
note:: selalu ukur suhu anak dengan termometer (digital maupun air raksa biar suhu anak akurat ,, tidak sekedar raba saja)
--Jika tidak membaik setelah memasuki hari ke 3 atau muncul tanda perdarahan (bintik merah pada kulit atau mimisan atau bentuk perdarahan yg lain), bawalah segera ke pelayanan kesehatan terdekat seperti puskesmas atau Rumah sakit untuk diperiksa dan ditangani segera.
2. Berikanlah minum sebanyak-banyak pada anak dan berikan makan yang bergizi pada anak.
3. Biarkan anak istirahat selama sakit.

Penyakit demam berdarah dapat dicegah..
1. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan
2. Melakukan tindakan 3 M yaitu
-Mengubur ,, ( mengubur sampah organik yang berserakan ataupun sampah yang dapat menampung air tergenang ,, karene itu lebih baik daripada membakar sampah karena dapat menyebabkan polusi udara )
-Menutup,, ( menutup tempat penampungan air )
-Menguras,, (menguras tempat penampungan air seminggu sekali)
3. Menabur bubuk abate atau menetes cairan abate di tempat penampungan air seperti bak kamar mandi, tandon air,kolam dan selokan air (jika menemukan jentik-jentik nyamuk di tempat penampungan air ,, jentik nyamuk berbentuk seperti ulat kecil yang bergerak di dasar air).
4. Tidak menggantung terlalu banyak pakaian bekas pakai karena menjadi sarang nyamuk
5. Jika musim hujan di daerah anda,, sangat dianjurkan tetap melakukan tindakan 3M. Karena musim hujan, musim bertelurnya nyamuk Aedes. Dan pada musim mulai panas, nyamuk tersebut akan menyebar menginfeksi manusia..
6. Menjauhi gigitan nyamuk (bisa memakai obat antinyamuk bentuk semprot nyamuk ataupun lotion antinyamuk)

Jika ditemukan kasus demam berdarah di sekitar anda,, sangat di harapkan melapor di puskesmas terdekat supaya lingkungan rumah anda segera dilakukan pengasapan (fogging) secara gratis..

Mungkin itu saja penjelasan singkat mengenai penyakit demam berdarah..
semoga info ini dapat membantu..
terima kasih
Tuhan memberkati

Comments

Popular posts from this blog

Klinik Onkologi Anugrah Medika Kendari

Seni muSic

Cara Cepat Membedakan Brush Real Technique --- Fake vs ReaL ---