Tips Perawatan Bibir Kering

Sedikit curhat mengenai bibirku.. Bibirku itu tipe yang gampang kering. Entah karena aku kurang minum, begadang, selalu kena paparan langsung sinar matahari atau karena kadang malas membersihkan lipstik pada saat sampai di rumah dan dulu juga pernah karena memakai lipstik yang merk sembarangan yang tidak cocok di bibir aku. Jadinya setelah aku alami itu bibirku menjadi mudah terkelupas, pecah-pecah, kering dan alhasil bibirku menjadi lebih gelap..
Akhirnya mulai tahun 2018 aku melakukan berbagai perawatan bibir untuk mengembalikan kondisi bibir seperti dulu ( bukannya mau sombong, dulu bibirku itu warna pink alami dan sering dikira pakai lipstik) 
Gambar ini dicopy dari Google

Perawatan bibir yang aku coba itu dari berbagai produk sampai bahan alami pun aku coba..
1. BAHAN ALAMI:
-Madu :: Aku sendiri hampir rutin memakai madu untuk mencerahkan dan melembabkan bibirku. Cara pakai yang sering aku lakukan itu simple saja: aku cuma mengoles beberapa tetes madu di bibir sebelum tidur dan aku diamkan semalaman dan besok pagi aku bersihkan sambil pijat dengan air hangat dan aku bilas dengan air dingin. ( harus rutin ya untuk menghasilkan hasil yang memuaskan )

-Madu dan gula:: aku menggunakan bahan ini sebagai scrub bibir alami ( setengah sendok teh madu dan 1 sendok teh gula), guna untuk eksforiasi (pengelupasan sel-sel mati pada bibir). Aku lakukan 2 kali seminggu atau kalau bibir aku terkelupas, aku langsung gunakan scrub ini. Cara pakainya juga simple yaitu bibir dibasahi dengan air hangat, kalau tidak ya air biasa saja , kemudian campuran madu dan gula di olesi dibibir,  digosok seluruh bibir dengan gerakan putaran ( jangan terlalu keras supaya tidak berdarah), setelah itu diamkan 10 menit, setelah itu dibilas dengan air hangat sambil dipijat dan aku bersihkan seluruh bibir dengan air dingin. Setelah itu, aku langsung oles pelembab bibir terkadang aku beri kembali madu kemudian aku diamkan semalaman. atau aku beri product pelembab seperti vaseline, lip mask laneige atau solid oil lip dari The Body Shop

-Madu dan air perasan lemon:: kadang kalau ada lemon, aku juga mencampurkan 1 sendok teh madu dan sedikit perasan air lemon (jangan terlalu banyak air lemon, karena akan membuat bibir jadi perih). Campuran madu dan lemon berguna untuk melembabkan sekaligus mencerahkan bibir. Cara pakainya hampir sama, sebelumnya bibir aku dibilas dengan air hangat kemudian dioleskan campuran madu dan lemon pada bibir kemudian diamkan 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat sambil dipijat, kemudian bersihkan seluruh bibir dengan air dingin (Masker bibir alami berbahan madu dan lemon dipakai 2 kali seminggu, jangan terlalu sering). Setelah itu, saya tetap memakai pelembab bibir.


2. REVIEW BEBERAPA PRODUCT PELEMBAB BIBIR
Semua produk ini yang aku review itu benar-benar yang aku pakai..

  • Solid Oil Lips dari TBS
    Solid Oil Lips dari The Body Shop:: ini produk pertama yang aku miliki, produk ini memiliki tekstur seperti namanya yaitu minyak yang padat. Produk ini mengandung bahan alami Wild Argan Oil yang berguna untuk melembabkan bibir. Pada saat dioles dibibir, produk ini tidak memberikan kesan warna karena produk ini tidak berwarna dan murni dari minyak argan. Selain itu, produk ini memiliki aroma wangi, yang menurutku sih wanginya tidak mengganggu. Untuk kemasannya, produk ini terbuat dari bahan kaleng, aku suka karena tidak mudah tumpah dan ukurannya kecil. Namun jangan kena panas ya, karena minyak padat Argan ini mudah meleleh jika terkena suhu hangat. Aku pakai produk ini hanya saat kondisi bibirku lagi stabil alias tidak kering.

  • Lip Sleeping Mask dari Brand Laneige:: ini produk aku dapat dari via online di official store Laneige. Produk Korea ini berguna untuk mencerahkan bibir selama tidur.  Menurutku setelah beberapa lama aku pakai, produk ini tidak melembabkan bibir aku yang cenderung kering, tapi ini cocok untuk membantu melepaskan kulit mati pada bibir yang kering atau pecah-pecah. Untuk kemasannya ini berukuran fullsize 20 gram lebih baik daripada ukuran yang travel size karea full size sudah ada aplikator spatulla untuk mengambil produk, dan warnanya cantikk dan rasanya atau aromanya seperti permen buah. 

    Lip Sleeping Mask Laneige Full Size with spatula
  • Repairing Jelly dari Vaseline :: produk ini paling sering aku pakai untuk mengatasi bibir aku jika bibir mulai kering dan pecah-pecah. Biasanya aku pakai pada malam hari, karena tidak mengandung SPF. Dan semenjak memakai ini, bibir aku jadi jauh lebih cepat pulih dari kondisi kering dan pecah-pecah. Jika aku lagi malas pakai bahan alami, terkadang aku pakai ini, caranya oles vaseline ini pada seluruh bibir (kalau aku sih agak banyak olesin), kemudian diamkan semalaman. dan pada pagi hari aku membersihkan dengan air hangat sambil menggosok bibir dengan pelan-pelan agar sel-sel mati terkelupas, alhasil bibirku menjadi lebih lembut dan tidak pecah-pecah. Produk ini tidak berwarna dan tidak memiliki wangi. Selain itu, produk ini bisa melembabkan bibir. Namun, walaupun produk ini dapat melembabkan bibir, aku tidak gunakan sebagai base sebelum memakai lipstik, karena akan membuat bibir aku jadi tampak gumpalan putih kecil dibatas paling ujung dari bibir yang terkena lipstik, dan tampilan lipstik aku tidak menjadi smooth. Untuk kemasan, aku membeli yang ukuran besar karena di kotaku belum ada yang ukuran kecil.
    Vaseling repairing jelly original
  • Lip Defense dari Sebamed : produk ini paling sering aku pakai sebelum menggunakan lipstik untuk sehari-hari. Karena produk ini mengandung minyak jojoba, Vitamin E, SPF 30 yang sangat baik untuk bibir.  Produk ini dapat mencegah radiasi paparan sinar matahari yang membuat bibir menjadi gelap, selain itu dapat melembabkan bibir dan regenerasi lapisan bibir. Aku sangat suka produk ini, karena pada saat aku jadikan produk ini sebagai base sebelum pakai lipstik, membuat hasil lipstik aku jauh lebih awet, lebih smooth dan tidak membuat bibir jadi kering dan gelap. 
    Lip Defense Sebamed SPF 30
 Untuk Mendapatkan bibir yang sehat itu harus melakukan perawatan yang rutin, sebelum bibir kita jadi rusak dan tidak cantik. Jujur aku menyesal kenapa dari dulu tidak merawat bibir dengan baik dan benar. Di bawah ini adalah foto asli bibir aku yang setelah dilakukan perawatan dengan hampir dikatakan rutin (sudah berjalan 2 bulan kalau tidak salah ingat). Bibirku jadi mulai sedikit cerah, mulai perlahan jarang pecah-pecah dan lebih smooth, pokoknya jauh lebih baik daripada yang sebelumnya.
Bibir Asli setelah dilakukan perawatan bibir yang sederhana 

Beberapa tips untuk mendapat bibir yang sehat
  1. Minum air mineral 8 gelas (total 2 Liter) per hari
  2. Istirahat yang cukup
  3. Memakai pelembab bibir , khusus untuk yang sering keluar rumah dari pagi sampai sore, pakailah pelembab bibir yang mengadung SPF. 
  4. Melakukan eksforiasi dengan scrub bibir 2 kali seminggu
  5. Kurangi dan kalau bisa hentikan minum minuman yang mengandung kafein (seperti Kopi dan Teh)
  6. Stop merokok (Merokok akan membuat bibir lebih tidak sehat dan merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan kematian)
  7. Konsumsi makanan yang bergizi
  8. Jangan lupa selalu membersihkan lipstik saat sudah di rumah
  9. Jangan mengigit bibir, jangan menjilat bibir dan jangan mengelupas paksa bibir,,karena bibir akan rusak dan bibir lebih kering, mudah pecah-pecah dan berdarah dan akibatnya bibir akan menjadi gelap
  10. Menggunakan kosmetik (lipstik) yang cocok, aman di bibir dan tidak melewati masa kadaluarsa (karena memakai lipstik yang salah, akan menyebabkan bibir menjadi kering dan bahkan dapat menyebabkan bibir jadi menghitam)
  11. Kalau biasa mengurangi penggunaan lip produk yang hasilnya matte, kalau mau sebaiknya pake lip balm dan setelah itu pada saat sampai rumah harus dibersihkan ya sampai tidak ada stain yang tersisa
  12. Kalau budget yang lebih, mungkin bisa dicoba untuk lakukan laser pada bibir di klinik kecantikan yang resmi ya.....

Mungkin itu saja tips dan review beberapa produk yang membantu untuk perawatan bibir,
Semoga info ini berguna untuk kalian..
terima kasih
Tuhan memberkati

Comments

Popular posts from this blog

Klinik Onkologi Anugrah Medika Kendari

Seni muSic

Cara Cepat Membedakan Brush Real Technique --- Fake vs ReaL ---